Kupulan Motif Batik Modern Nusantara Lengkap!

Motif Batik Modern merupakan salah satu contoh kekayaan seni budaya indonesia, Motif batik yang beragam dari berbagai daerah memiliki makna yang tersirat dari setiap goresan motif batik.

Sebagian besar motif batik indonesia memiliki arti yang menggambarkan keindahan dan kultur budaya daerah asal dari motif tersebut.

Hampir semua daerah diindonesia memiliki motif batik tersendiri mulai ujung barat aceh hingga ujung timur dipapua, Kekayaan budaya yang beraneka ragam ini lah yang harus kita jaga dan kembangkan agar tak habis diterpa era moderenisasi.

Maka tak heran jika sekarang banyak instansi sekolah mulai SD, SMP hingga tingkat SMA sudah mulai memberikan fasilitas ekskul membatik.

Motif batik modern memiliki berbgai tingkatan kesulitan tersendiri sederhana, simpel, modern hingga motif yang susah untuk dikerjakan.

Pekerjaan membatik tidak semudah seperti apa yang kita lihat, dibutuhkan ketelitian dan ketekunan untuk menghasilkan karya batik yang berkualitas.

Hal ini juga diajarkan dalam ekskul membuat motif batik yang mudah digambar untuk anak SD,SMP dan SMA tentu semua harus diawali dari hal yang mudah terlebih dahulu agar anak-anak memiliki rasa senang dengan aktifitas membatiknya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa motif batik seakan memiliki 2 fase yang berbeda yaitu motif batik yang tradisional dan motif batik yang modern.

Dan dalam proses pembuatannya juga memiliki dua gaya motif batik modern yang berbeda yaitu batik tulis dan batik cetak, keduanya memiliki keindahan dan nilai-nilai tersendiri dihati penggemarnya.

Macam-macam motif batik dari berbagai daerah asalnya diindonesia :

Motif Batik Jambi

Batik jambi diperkirakan ditemukan pada masa Kesultanan Melayu Jambi. Pada saat itu batik jambi hanya dikenakan oleh masyarakat yang memiliki golongan sosial tinggi seperti kaum bangsawan dan juga  kerabat kesultanan.

Motif batik jambi memiliki motif yang khas yaitu menggunakan motif flora dan fauna seperti Motif Angso Duo Bersayap, Motif Sungai Batanghari, Motif Sungai Batanghari dan Batik Bungo Keladi.

Ciri khas motif batik banten memiliki pola berdasarkan penemuan artefak purbakala, sedangkan dari warnaya menggunakan warna pastel yang menunjukkan kelembutan hati dari masyarakat banten

Berbagai nama motif batik banten seperti Dataluya, Kaibonan, Kapurban,Kawangsan, Mandalikan, Pamaranggen, Srimanganti dan Surosowan

Motif Batik Cirebon

Batik Cirebon diperkirakan mulai berkembang mulai dari masa kedatangan bangsa cina ke cirebon. Hal ini diperkuat dengan adannya apernikahan andtara sunan gunung djati dengan Ratu Ong Tien.

Berawal dari situlah mulai ada percampuran kebudayaan cirebon di kedaleman kraton dengan budaya china.

Motif yang paling terkenal dari cirebon adalah motif awan mega mendung, Namun pada dasarnya motif batik cirebon memiliki du unsur desain yang berbeda yaitu desain khas keraton cirebon dan motif pesisiran yang bernuansa cina.

Desain keraton merujuk ornamen-ornamen keraton dan menggunkan warna yang cenderung warna sogan dan babar mas.

Desangkan motif batik cirebon dengan desain pesisiran mengambil flora serta fauna entah dari darat dan laut menggunkan warna yang agak terang.

Motif Batik Pekalongan

Motif batik pekalongan sangat khas menunjukkan letak geografisnya yang berada dipesisir, sehingga juga memiliki warna-warna pesesisir seperti merah, hijau, orange dan biru.

Memiliki masyarakat yang mudah menerima budaya dari luar, batik pekalongan juga sudah berelaborasi dengan motif batik yang berasal dari daerah lain seperti solo dan yogyakarta.

Sehingga batik pekalongan memuat motif fauna dan dikombinasikan dengan unsur-unsur flora.

Motif Batik Solo

Solo merupakan kotanya batik, hal ini karena solo memiliki banyak motif yang juga selalu memiliki filosofi pada setiap motifnya.

Berbagai motif batik yang terkenal dari solo:

  • Motif batik solo Wahyu Tumurun

Motif wahyu temurun memiliki arti motif batik memiliki arti restu tuhan Yang Maha Esa, Dimana menggambarkan kebberhasilan yang telah dicapai tersebut merupakan restu atau berkat dari Tuhan.

  • Motif batik solo sidomulyo

Motif batik sido mulyo memiliki arti pengharapan untuk menjalani hidup dengan bahagia dan tentram.

  • Motif batik solo Semen Rante

Motif batik solo semen rante menggunakan gambar rantai dan bunga kantil, yang sering digunakan dalam acara pernikahan yang memiliki filosofi kehidupan berkeluarga dapat langgeng .

  • Motif batik solo geometris

Motif batik geometris adalah motif batik yang menggunakan nuansa binatang dan tumbuhan.

  • Motif batik solo Truntum

Motif batik truntum sebagian besar menggunakan motif batik yang kecil-kecil, yang mengambil kisah kesedihan seorang ratu yang tidak mendapatkan perhatiandari sang raja

Dari situ sang ratu menciptakan sebuah motif batik ini dan akhirnya sang ratu berhasil mendapatkan perhatian sang raja.

  • Motif batik solo Parang Kusuma

Motif batik Parang Kusuma merupakan motif batik yang melambangkan garis keturunan raja yang turun temurun hal ini tergambar pada motif batik parang kusuma yang dilukis tersusun dari bawah kemudian keatas.

  • Motif batik solo Sekar Jagad

Motif Sekar Jagad merupakan motif batik memiliki arti penggambaran proses kehidupan yang adaseluruh dunia.

Dan disebut sekar jagad diambil dari kata sekar yang berarti bunga, jadi rata-rata motif batik Sekar Jagad menggunkan motif bunga.

  • Motif batik solo burung Garuda

Motif batik burung garuda mengambil inspirasi dari warisan agama hindu, Dimana sekarang motif batik garuda  sama dengan lambang negara indonesia

  • Motif batik solo Naga dan Sawat

Motif batik Naga dan Sawat juga salah satu warisan budaya dari agama hindu. karena pada zaman dahulu mayoritas masyarkat indonesia memeluk agama hindu.

  • Motif batik solo Kereta Kencana

Motif batik Kereta Kencana memiliki arti sebagai lambang dari kendaraan sang patih, motif batik kereta kencana juga mendiskripsikan masa kejayaan kerajaan jawa tempo dulu, motif batik Kereta Kencana pada dasarnya menggunkan warna merah dan biru.

Motif Batik Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang memiliki beragam motif batik yang sangat banyak. Beberapa batik Yogyakarta yang sangat populer beberapa diantaranya batik parang kusumo, truntum, kawung, tambal, dan juga pamiluto.

Motif Batik Kalimantan

Kemunculan batik dikalimantan menurut sejarah diadopsi dari seorang yang melakukan pertapaan yaitu patih lambung mangkurat.

Maka motif batik kalimantan sarat akan filosofi yang memiliki banyak makna, anda bisa menyimak beberapa motif batik kalimantan yang kami himpun untuk anda diataranya sebagi berikut :

  • Motif batik Kambang Tampuk Manggis
  • Motif batik Daun Jaruju
  • Motif batik Kangkung Kaombakan
  • Motif batik Sisik Tanggiling
  • Motif batik Kambang Tanjung
  • Motif batik Sari Gading
  • Motif batik Iris Pudak
  • Motif batik Bayam Raja
  • Motif batik Kulit Kayu
  • Motif batik Naga Balimbur
  • Motif batik Jajumputan
  • Motif batik Turun Dayang
  • Motif batik Kulit Kurikit
  • Motif batik Ombak Sinapur Karang
  • Motif batik Bintang Bahambur

Motif Batik Madura

Motif batik madura memiliki ciri khas dengan menggunkan warna yang dominan seperti warna kuning, hijau, merah.

Tak hanya itu kamu dapat membedakannya dengan mudah karena batik madura juga menggunakan banyak sekali garis.

Ragam motif Madura menggunkan berbagai motif flora dan fauna yang ada didaerah madura.

Motif Batik Bali

Motif Batik mulai berkembang sejak tahun 1970 perkembangannya kini sangat pesat dengan berbagai motif yang mulai dikembangkan.

Motif Batik bali memiliki ciri khas memiliki motif tradisional yang dipadukan dengan motif modern.

Motif fauna lebih sering diaplikasikan dengan menggunkan lambang binatang naga, burung bangau, kura-kura, dan rusa.

Motif Batik Papua

Ciri khas batik Papua adalah menggunakan kombinasi warna yang cerah dielaborasikan dengan motif etnik Papua yang asimetris.

Perpaduan ini membuat motif batik papua terlihat sangat eksotis. Kebanyakan motif batik Papua mengadopsi unsur kekayaan alam dan budaya yang ada dimasyarakat Papua.

Motif fauna atau hewan yang biasa dipakai adalah burung cendrawasih, cicak, kadal, dan buaya.

Motif-motif dari batik papua terlihat alami ditambah dengan menggunakan warna-warna yang beraneka ragam membuat batik Papua semakin terlihat khas dan mempesona.

Demikian ulasan mengenai motif batik nusantara semoga bisa menambah pengetahuan akan aneka motif batik yang ada diindonesia sehingga rasa bangga akan kekayaan budaya kita akan selalu terjaga.

Tags: #Bali #Banten #Cirebon #Jambi #Kalimantan #Madura #Modern #Motif batik #Nusantara #Papua #Pekalongan #Solo #Yogyakarta

author
Penulis: 
    Daftar Model Batik Pekalongan Lengkap Ada Di Sini!
    Batik pekalongan dan penjelasan sejarahnya, bermula pada saat banyaknya masyarakat pekalongan yang membuat
    Desain Gambar Batik Yang Lagi Trend Saat ini!
    Gambar batik sekarang memang sedang di cari sebagian besar karena batik selain menjadi
    Daftar Desain Batik Vector Terbaru Yang Lagi Populer
    Sedikit tentang batik vector merupakan gambar batik ditampilkan menggunakan definisi matematis. Vector sendiri merupakan
    Kumpulan Desain Model Baju Batik Kerja Modern Terbaru
    Perkembangan dunia fashion indonesia memang berjalan dengan begitu cepat, kebutuhan akan trend berbsana

    Komentar ditutup.